Autoages

Kamis, 26 April 2012

Bandara-bandara Termegah di Indonesia (UPDATE: September 2013)

Menyenangkan rasanya jika kita dimanjakan oleh fasilitas nyaman di bandara guna mengatasi rasa jenuh yang terus mengganggu kita ketika menunggu jadwal penerbangan. Atau paling tidak mata kita akan dimanjakan dengan desain megah dari yang dimiliki oleh bandara tersebut. Gak terlalu jenuh memang jika kita hanya menunggu sebentar. Tapi akan lain ceritanya jika kita terjebak di bandara karena alasan cuaca buruk atau delay. Nah, berikut ini adalah bandara-bandara megah di Indonesia.


1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (IATA: CGK)




Saya yakin anda sudah tak asing lagi dengan yang satu ini. Bandara ini melayani ibukota Indonesia, Jakarta. Bandara ini pun menjadi bandara terbesar dalam hal luas dan tingkat kesibukannya. Luasnya yaitu 18 km persegi dan melayani lebih dari 47 juta penumpang di tahun 2011.

Ada 3 bangunan terminal di Bandara Soekarno-Hatta. Setip terminal (kecuali terminal 3) dibagi menjadi 3 concourse yaitu terminal 1A, 1B, dan 1C; terminal 2A, 2B, dan 2C.


Terminal 3



2 Bandara Internasional Kualanamu (IATA: KNO)




Ada 6 signage "Kualanamu". Ini salah satunya (Yah, walau belum siap)


Gerbang bandara, dan rel KA ada di tengah. Dari sini masih berjarak kira-kira 5 km ke terminal

Taman super luas di area bandara.
Terlihat bangunan terminal.



Adalah bandara baru yang melayani kota Medan yang terletak di kecamatan Beringin, kabupaten Deli Serdang. Bandara ini telah beroperasi sejak 25 Juli 2013 (soft opening). Dengan luas 1365 Ha, menjadikannya terbesar kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta dalam segi luas lahan. Saat ini Bandara Kualanamu memiliki 1 landas pacu dengan ukuran 3.750 x 60 m, dua taxi-way paralel 3.750 m dan 2.000 m (masing-masing lebarnya 30 m), Luas apron 664 m² yang dapat menampung 33 pesawat dengan 8 garbarata, dan dapat menampung 9 juta penumpang per tahun. Tidak teralalu besar memang. Namun itu baru fase pertama. Jika fase ketiga telah selesai, maka Kualanamu akan dapat menampung hingga 23 juta orang, memiliki 2 landas pacu, dan berbagai fasilitas lainnya.





Terminal


Atrium Terminal.





Diprediksi bandara ini akan menjadi salah satu bandara terbaik di asia tenggara karena letaknya yang sangat strategis dan memiliki fasilitas lengkap. Bahkan, bukannya tidak mungkin Bandara Kualanamu akan menyaingi Bandara Changi di Singapura.

Oh ya, bandara ini juga menjadi bandara pertama di Indonesia yang langsung terhubung dengan jaringan kereta api (bukan dekat dengan stasiun KA, tapi stasiun-nya memang dikhususkan untuk bandara)


Kereta khusus bandara


3 Bandara Internasional Ngurah Rai (IATA: DPS)

Untuk menyambut KTT APEC 2013, Angkasa Pura I membuat terminal baru untuk bandara yang terletak 13 km dari Kota Denpasar ini. Bukan hanya terminal, infrastruktur dan fasilitas lainnya juga diperluas. Misalnya saja membuat apron baru yang dapat menampung belasan pesawat. Dengan siapnya semua ini, maka Bandara Ngurah Rai dapat menampung hingga 25 juta penumpang per tahun, menyamai (atau mungkin melebihi) Bandara Soekarno-Hatta.





Gedung yang berbentuk piramid (sebelah kiri) adalah gedung parkir 5 tingkat. Sedangkan yang sebelah kanan adalah terminalnya.

Nah, ini yang saya suka: ada sebuah taman yang berada di ruang yang dikelilingi tiang penyangga (sisi kiri).








Terminal baru ini akan diresmikan pada tanggal 23 september 2013 bersamaan dengan Jalan Tol Atas Laut.


Jalan tol yang menghubungkan tiga tempat penting: Nusa dua, bandara, dan pelabuhan.




4 Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (IATA: UPG)


Terletak 30 km dari kota Makassar. Setelah mengalami proses perluasan dan pengembangan, Bandara Sultan Hasanuddin memiliki terminal penumpang berkapasitas 7 juta penumpang per tahun, apron (lapangan parkir pesawat) yang berkapasitas tujuh pesawat berbadan lebar, landas pacu baru sepanjang 3.100 meter x 45 meter, serta taxiway.






Rekomendasi : Inilah bagian-bagian bandar udara

Lihat Info Posting

10 komentar:

  1. BB keterlaluan banget sama Indonesia..Bayangin, penjualan BB di seluruh dunia merosot,tapi di sini malah melejit,pengguna BB d Indonesia udh 4 atw 5 juta biji lbh, mendongkrak dan menyuntikkan dana segar triliunan rupiah utk RIM..

    Tapi apa lacur,BB malah bikin pusat jaringan dan pabrik atau kantor di Singapore yg pengguna BB nya cuma beberapa biji..intinya, walau indonesia tambang duit bagi BB tapi kita nggak dipandang sebelah matapun..sebagai anak bangsa ya ogah pake BB lagi..lagian BB masih kalah canggih ama gadget lain..

    BalasHapus
  2. apa khabar Jawa barat??????Kapan bangun bandara yang besar? ingat JABAR berpenduduk terbanyak se Indonesia !!!! Jabar Jauh ketinggalan !!!!!PAYAH BANGET DEHHHHHHHH

    BalasHapus
  3. bandara sultan hasanuddin makassar terbaik setidaknya sampai saat ini.. bukan hanya soal kemegahan bagunannya,tapi juga akses jalan ke bandara,kenyamanan calon penumpang,dll. terutama soal kebersihannya.. saya kasih nilai 9/10

    BalasHapus
    Balasan
    1. herman amrin6 Juli 2013 16.53

      bandara Yg terbaik di indonesia mungkin Kuala namu,karna bandara ini di merupakan bandara tercanggih di indonesia... Serta satu-satunya bandara yg di hubungkan dgn jalur kereta api.,

      Hapus
  4. @anonom : untuk jawa barat kan sudah ada bandara internasional Husein sastra negara di bandung

    BalasHapus
  5. Aduh masih standart bgt husein mah, ketinggalan jauh banget kalo si banding kuala namu or hasanudin..

    BalasHapus
  6. husen mungkin bandara terjelek di indonesia yang pernah gue singgahi, score 3/10.......gimana nih JABAR? malu bgt dah.....,propinsi dengan segala potensinya? tapi apa sangat minim fasilitas......, MALU SAMA JATIM dgn bandara JUANDA nya

    BalasHapus
  7. Bandara di bandung sempit banget-banget.... dan sangat berbahaya karena terletak di dalam/pusat kota dengan jumlah penduduk padat.

    BalasHapus
  8. Bagi saya Bandara Kualanamu tetap yang terbaik,
    Skrg aja blm siap 100% sudah menjadi salah satu terbaik, gimana lagi kalau udah fix 100%..

    Menurut saya KNO sangat megah,
    Apalagi lahannya sangat luas,
    Msh bnyak tahapan2 yg belum selesai di sana..

    Dan saya dengar2 Bandara KNO akan menjadi bandara terbaik di ASIA dengan kemegahan dan kecanggihan sistemnya..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...